Langsung ke konten utama

Objectives and Market Structure

Nama : Hanna Nurhayati Azizah 

Nim : 240907501002 

Kelas : A 


#Resume Materi Objectives Bisnis 

Tujuan Objectives atau Tujuan Bisnis Perusahaan mencakup beberapa hal yaitu;

* Memaksimalkan Laba Rugi yang berfokus pada peningkatan pendapatan dan efisiensi biaya untuk memperoleh laba yang maksimal agar tujuan perushaan tercapai. 

* Pertumbuhan Pangsa Pasar yang berfokus pada memperluas basis pelanggan dan meningkatkan posisi kompetitif melalui strategi pemasaran dan inovasi produk bisnis. 

* Kepuasan Pelanggan untuk menjaga kualitas produk dan layanan agar pelanggan tetap puas dan loyal.

* Inovasi dan Pengembangan dilakukan untuk melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. 

* Keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial untuk mengintegrasikan praktik bisnis yang berkelanjutan dan etis guna memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.


Dalam konteks bisnis dan manajemen, objectives atau sasaran adalah pernyataan spesifik yang menggambarkan hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran ini berfungsi sebagai panduan operasional yang membantu perusahaan mencapai tujuan jangka panjang atau visi mereka. Adapun beberapa tujuan lain yang juga bisa menjadi acuan sebuah perusahaan pada beberapa situasi dan kondisi;


* Kelangsungan Hidup dimana hal ini sangat penting bagi perusahaan baru/rintisan (start up) fokus mereka tentunya diawal bukan terkait keuntungan perusahaan, melainkan bagaimana cara mereka bertahan dalam beberapa tahun pertama dan dapat mencapai goals dan titik impas (break-even point). 

* Pertumbuhan (Growth) pada tujuan ini berfokus pada pertumbuhan bisnis dibandingkan laba jangka pendek seperti perusahaan yang menerapkan ekspansi besar-besaran yg dapat merugikan tetapi menguntungan bila jangka panjang. 

* Pangsa Pasar dalam konteks ini perusahaan sangat berfokus pada pasar, menguasai pasar, dan mengejarkan target meskipun harus mengorbankan keuntungan jangka pendek. Dalam strategi ini disebut istilah "Predatory Pricing" atau harga predator, dengan menurunkan harga secara drastis guna untuk mengusir pesaing dipasaran. 


#Resume Materi Market Structure/ Struktur Pasar 

Dalam ekonomi, struktur pasar menggambarkan cara perusahaan beroperasi dan berinteraksi dipasar. Hal ini meliputi:

> Persaingan Sempurna 

Banyak penjual/perusahaan dengan produk yang homogen, sehingga tidak ada satupun perusahaan yang memiliki kekuatan untuk menentukan harga. Perusahaan dalam pasar ini bertindak sebagai pengambil harga (price takers). Ciri utama dari hal ini adalah;

1. Diferensial Produk : Tidak ada perubahan, perbedaan dari produk homogen (sama persis).

2. Hambatan Keluar dan Masuk : Tidak memiliki hambatan, sebab perusahaan baru bebas masuk dan keluar dengan mudah karena mereka memiliki akses luas.

3. Penetepan Harga : Harga ditentukan oleh pasar berdasarkan (permintaan dan penawaran) dan perusahaan hanya sebagai price taker (penerima harga). 

Sebagai contoh dari ciri ini adalah pasar perabotan yang dimana menjual barang yang relatif sama atau satu jenis. Dan kelemahan dari konsep ini adalah sulit ditemukan dalam kehidupan nyata karena hambatan masuk. 


>Persaingan Monopolistik 

Persaingan ini memiliki ciri utama seperti:

1. Jumlah Perusahaan : Banyak perusahaan kecil 

2. Diferensial Produk : Produk berbeda dalam beberapa aspek, tetapi memiliki fungsi yang mirip. 

3. Hambatan : Relatif mudah untuk masuk kepasar. 

4. Penetapan Harga : Perusahaan memiliki sedikit power untuk menetapkan harga tetapi terbatas pasar. 

Sebagai contoh yaitu Perusahaan Kosmetik yg dimana menyediakan berbagai kosmetik dengan herga berbeda-beda sesuai dengan kualitas produk. 


>Oligopoli 

Persaingan Oligopoli memiliki beberapa ciri utama yaitu;

1. Sedikit perusahaan yang dapat menguasai pasar.

2. Produk sangat jauh berbeda sehingga perusahaan dapat bersaing dengan sehat.

3. Hambatan nya lumayan besar, karena membutuhkan harga sendiri tetapi harus tetap menggunakan perbandingan pesaing. 

Sebagai contoh adalah Perusahaan supermarket dan industri kendaraan. Sebagai karakteristik perusahaan saling bergantung dan sering terjadi kolusi. 

 

>Monopoli 

Persaingan Monopoli adalah perusahaan menguasai pasar tanpa adanya pesaing langsung. Perusahaan monopolistik memiliki kendali penuh atas harga dan pasokan produk atau layanan. Ciri utama nya adalah;

1. Jumlah Perusahaan : Hanya satu perusahaan yang menguasai pasar.

2. Diferensial Produk : Produk unik, tidak ada pesaing langsung. 

3. Hambatan : Sulit bagi pesaing untuk masuk. 

4. Penetapan harga : Perusahaan memiliki kekuasaan penuh atas penetapan harga 

Sebagai contoh nya adalah Perusahaan Pertamina yaitu perusahaan minyak dan gas negara yg awalnya memiliki monopoli dalan sektor minyak dan gas di Indonesia.


Kesimpulan 

Tujuan bisnis adalah sasaran spesifik yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dalam periode tertentu, seperti meningkatkan profibilitas, pangsa pasar, atau kualitas produk. Struktur pasar yang menggambarkan karakteristikl pasar yang memengaruhi interaksi antara penjual dan pembeli, termasuk jumlah pelaku usaha, jenis produk, dan hambatan masuk keluar. Semakin sedikit jumlah perusahaan dan semakin tinggi hambatan masuk, semakin besar kekuatan perusahaan dalam menentukan harga. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Economies and Diseconomies of Scale

  ECONOMIES AND DISECONOMIES OF SCALE  1. Pengertian Economies and Diseconomies of Scale      A. Economies of Scale         Economies of Scale adalah konsep dalam ekonomi yang merujuk pada keuntungan suatu biaya yang diperoleh oleh perusahaan ketika meningkatkan skala produksinya. Economies of Scale dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai keekonomian skala yang menunjuk kepada untung biaya rendah yang didapat dari ekspansi aktivitas operasional dalam sebuah perusahaan dan merupakan salah satu cara untuk meraih keunggulan biaya rendah (low cost advantage) demi menciptakan keunggulan bersaing. Dengan kata lain, semakin besar skala produksi suatu perusahaan, semakin rendah biaya rata-rata per unit barang atau jasa yang dihasilkan. Penurunan biaya ini terjadi karena berbagai faktor, seperti efisiensi dalam penggunaan sumber daya, pembelian bahan baku dalam jumlah besar dengan lebih murah, peningkatan produktivitas tenaga kerja, serta penyebaran ...

Pengantar Ekonomi dan Bisnis

                            Inflasi dan Deflasi Nama : Hanna Nurhayati Azizah  Nim : 240907501002  Kelas : A  A. Inflasi Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam suatu ekonomi dalam periode waktu tertentu. Inflasi mengurangi daya beli uang, sehingga barang dan jasa yang sebelumnya dapat dibeli dengan jumlah uang tertentu, akan membutuhkan lebih banyak uang untuk membelinya di masa depan. Inflasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti peningkatan permintaan terhadap barang dan jasa (demand-pull inflation), peningkatan biaya produksi (cost-push inflation), atau bahkan kebijakan moneter yang melibatkan peningkatan jumlah uang beredar. Penyebab Inflasi  Adapun penyebab terjadinya inflasi adalah sebagai berikut :     1. Demand-pull Inflation (Inflasi karena Permintaan)       Terjadi ketika permintaan terhadap barang...

Design Konten Digital Marketing

 Nama : Hanna Nurhayati Azizah Nim : 240907501002  Kelas : A  Brainstorming, Sketsa, Poster UMKM (Blissfull Bites)  A. Ide UMKM    Brownies fudgy merupakan salah satu cemilan kekinian yang banyak digemari karena teksturnya yang lembut, padat, dan lumer di mulut dengan rasa cokelat yang kuat. Melihat tren masyarakat yang semakin menyukai makanan manis premium, ide UMKM ini hadir untuk menghadirkan brownies fudgy homemade berkualitas dengan cita rasa otentik dan harga yang terjangkau.    Keunggulan utama dari produk ini adalah penggunaan bahan-bahan pilihan , seperti cokelat premium, mentega asli, serta tanpa pengawet, sehingga menghasilkan brownies dengan kualitas rasa yang konsisten. Selain itu, produk akan dibuat dengan berbagai varian topping seperti almond, choco chips, matcha, dan red velvet untuk menarik minat konsumen dari berbagai kalangan.    Awal terbukanya ide UMKM ini adalah karena pemiliki Blissfull Bites memang gemar terhad...