Nama : Hanna Nurhayati Azizah
Nim : 240907501002
Kelas : A
#Resume Materi Objectives Bisnis
Tujuan Objectives atau Tujuan Bisnis Perusahaan mencakup beberapa hal yaitu;
* Memaksimalkan Laba Rugi yang berfokus pada peningkatan pendapatan dan efisiensi biaya untuk memperoleh laba yang maksimal agar tujuan perushaan tercapai.
* Pertumbuhan Pangsa Pasar yang berfokus pada memperluas basis pelanggan dan meningkatkan posisi kompetitif melalui strategi pemasaran dan inovasi produk bisnis.
* Kepuasan Pelanggan untuk menjaga kualitas produk dan layanan agar pelanggan tetap puas dan loyal.
* Inovasi dan Pengembangan dilakukan untuk melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan produk atau layanan baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.
* Keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial untuk mengintegrasikan praktik bisnis yang berkelanjutan dan etis guna memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
Dalam konteks bisnis dan manajemen, objectives atau sasaran adalah pernyataan spesifik yang menggambarkan hasil yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sasaran ini berfungsi sebagai panduan operasional yang membantu perusahaan mencapai tujuan jangka panjang atau visi mereka. Adapun beberapa tujuan lain yang juga bisa menjadi acuan sebuah perusahaan pada beberapa situasi dan kondisi;
* Kelangsungan Hidup dimana hal ini sangat penting bagi perusahaan baru/rintisan (start up) fokus mereka tentunya diawal bukan terkait keuntungan perusahaan, melainkan bagaimana cara mereka bertahan dalam beberapa tahun pertama dan dapat mencapai goals dan titik impas (break-even point).
* Pertumbuhan (Growth) pada tujuan ini berfokus pada pertumbuhan bisnis dibandingkan laba jangka pendek seperti perusahaan yang menerapkan ekspansi besar-besaran yg dapat merugikan tetapi menguntungan bila jangka panjang.
* Pangsa Pasar dalam konteks ini perusahaan sangat berfokus pada pasar, menguasai pasar, dan mengejarkan target meskipun harus mengorbankan keuntungan jangka pendek. Dalam strategi ini disebut istilah "Predatory Pricing" atau harga predator, dengan menurunkan harga secara drastis guna untuk mengusir pesaing dipasaran.
#Resume Materi Market Structure/ Struktur Pasar
Dalam ekonomi, struktur pasar menggambarkan cara perusahaan beroperasi dan berinteraksi dipasar. Hal ini meliputi:
> Persaingan Sempurna
Banyak penjual/perusahaan dengan produk yang homogen, sehingga tidak ada satupun perusahaan yang memiliki kekuatan untuk menentukan harga. Perusahaan dalam pasar ini bertindak sebagai pengambil harga (price takers). Ciri utama dari hal ini adalah;
1. Diferensial Produk : Tidak ada perubahan, perbedaan dari produk homogen (sama persis).
2. Hambatan Keluar dan Masuk : Tidak memiliki hambatan, sebab perusahaan baru bebas masuk dan keluar dengan mudah karena mereka memiliki akses luas.
3. Penetepan Harga : Harga ditentukan oleh pasar berdasarkan (permintaan dan penawaran) dan perusahaan hanya sebagai price taker (penerima harga).
Sebagai contoh dari ciri ini adalah pasar perabotan yang dimana menjual barang yang relatif sama atau satu jenis. Dan kelemahan dari konsep ini adalah sulit ditemukan dalam kehidupan nyata karena hambatan masuk.
>Persaingan Monopolistik
Persaingan ini memiliki ciri utama seperti:
1. Jumlah Perusahaan : Banyak perusahaan kecil
2. Diferensial Produk : Produk berbeda dalam beberapa aspek, tetapi memiliki fungsi yang mirip.
3. Hambatan : Relatif mudah untuk masuk kepasar.
4. Penetapan Harga : Perusahaan memiliki sedikit power untuk menetapkan harga tetapi terbatas pasar.
Sebagai contoh yaitu Perusahaan Kosmetik yg dimana menyediakan berbagai kosmetik dengan herga berbeda-beda sesuai dengan kualitas produk.
>Oligopoli
Persaingan Oligopoli memiliki beberapa ciri utama yaitu;
1. Sedikit perusahaan yang dapat menguasai pasar.
2. Produk sangat jauh berbeda sehingga perusahaan dapat bersaing dengan sehat.
3. Hambatan nya lumayan besar, karena membutuhkan harga sendiri tetapi harus tetap menggunakan perbandingan pesaing.
Sebagai contoh adalah Perusahaan supermarket dan industri kendaraan. Sebagai karakteristik perusahaan saling bergantung dan sering terjadi kolusi.
>Monopoli
Persaingan Monopoli adalah perusahaan menguasai pasar tanpa adanya pesaing langsung. Perusahaan monopolistik memiliki kendali penuh atas harga dan pasokan produk atau layanan. Ciri utama nya adalah;
1. Jumlah Perusahaan : Hanya satu perusahaan yang menguasai pasar.
2. Diferensial Produk : Produk unik, tidak ada pesaing langsung.
3. Hambatan : Sulit bagi pesaing untuk masuk.
4. Penetapan harga : Perusahaan memiliki kekuasaan penuh atas penetapan harga
Sebagai contoh nya adalah Perusahaan Pertamina yaitu perusahaan minyak dan gas negara yg awalnya memiliki monopoli dalan sektor minyak dan gas di Indonesia.
Kesimpulan
Tujuan bisnis adalah sasaran spesifik yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan dalam periode tertentu, seperti meningkatkan profibilitas, pangsa pasar, atau kualitas produk. Struktur pasar yang menggambarkan karakteristikl pasar yang memengaruhi interaksi antara penjual dan pembeli, termasuk jumlah pelaku usaha, jenis produk, dan hambatan masuk keluar. Semakin sedikit jumlah perusahaan dan semakin tinggi hambatan masuk, semakin besar kekuatan perusahaan dalam menentukan harga.
Komentar
Posting Komentar